"Kesehatan adalah awal dari semua kebebasan, dan kebahagiaan memberi kita energi sebagai dasar kesehatan. (Henri Amiel, 1821-1881. Penulis dan filosof Swiss)"

KAPAN SEBAIKNYA MULAI SENAM HAMIL?

Posted by Unknown On 13.27 | No comments
Kehamilan merupakan saat membahagiakan bagi calon ibu, terutama mereka yang sudah lama menanti datangnya buah hati. Di sisi lain, kehamilan pasti menimbulkan perubahan yang potensial memicu kecemasan, terutama pada ibu yang baru pertama kali hamil.



Perubahan tersebut biasanya terbagi atas tiga fase, tergantung trimester kehamilan. Di trimester awal, calon ibu biasanya mengalami keluhan mual atau lebih sensitif terhadap bau. Perubahan tersebut wajar dialami ibu hamil karena berkaitan dengan perubahan hormonal.



“Seiring bertambahnya waktu, ibu hamil biasanya juga mengalami gangguan buang air besar, payudara sakit, puting dan areola menjadi lebih gelap, perut bagian bawah membengkak, dan cairan vagina bertambah. Karena itu, ibu hamil sebaiknya rutin memeriksakan diri dan kandungannya ke dokter,” kata dr. Handi Suryana, Sp.OG.



Di akhir kehamilan, keluhan yang umum dilontarkan adalah timbulnya varises, wasir, sering buang air kecil, kaki bengkak, pinggang atau pundak terasa pegal dan linu. “Untuk meringankan keluhan-keluhan tersebut, ibu hamil terutama pada kehamilan trimester ke-3 atau 7 hingga 9 bulan, sebaiknya mengikuti senam hamil," ujarnya.



Dari senam hamil, diungkapkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RSPI Puri Indah ini, banyak manfaat yang bisa diambil. Di antaranya, ibu hamil mendapat pengetahuan seputar cara atau proses melahirkan yang nyaman, juga mempelajari tanda-tanda berbahaya pada masa kehamilan, serta tanda-tanda mulai terjadinya proses persalinan.

Sumber : sehatnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda!!!

Wikipedia

Hasil penelusuran

Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein