"Kesehatan adalah awal dari semua kebebasan, dan kebahagiaan memberi kita energi sebagai dasar kesehatan. (Henri Amiel, 1821-1881. Penulis dan filosof Swiss)"

Budidaya Jamur

Posted by Unknown On 14.23 | No comments

Budidaya Jamur
Budidaya jamur adalah salah satu pilihan usaha yang mulai banyak dilirik oleh masyarakat karena tanaman ini dapat memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat. Prosesnya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Bahkan, budidaya tanaman ini saat ini juga sudah mulai dapat dilakukan di daerah yang suhunya panas.
Sebenarnya, usaha budidaya sebaiknya dilakukan di daerah dengan ketinggian antara 400 sampai 800 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi, bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah, Anda kini bisa bergembira karena saat ini sudah ada metode alternatif untuk memulai budidaya walaupun lokasi tanahnya berada di dataran rendah.
Dari sisi harga, saat ini harga jamur memang bisa dibilang cukup tinggi. Selain itu harganya juga cukup stabil bila dibandingkan dengan tanaman-tanaman jenis lainnya. Dengan harga yang tinggi, tata cara tanam yang tidak begitu merepotkan, dan permintaan pasar yang terus meningkat membuat banyak orang memilih untuk menjadikan tanaman ini sebagai usaha baru mereka untuk mendulang rupiah.
Jika Anda juga berminat untuk melakukan budidaya jamur, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda agar usaha jamur bisa lancar dan memberikan hasil yang maksimal.
budidaya jamur
Buat Media
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah bangunan khusus atau kumbung yang akan difungsikan sebagai media tanam. Kumbung tersebut dibuat dengan sistem sirkulasi buka tutup. Sistem ini dimaksudkan untuk mengatur sirkulasi udara yang masuk ke dalam kumbung. Anda perlu menutupnya di siang hari kemudian membukanya pada malam hari. Dengan cara ini, maka kelembaban kumbung bisa terjaga.
Atap
Sebaiknya gunakan atap yang tidak dapat menyerap panas. Anda bisa menggunakan genteng atau plastik ultraviolet untuk melindungi tanaman dari paparan sinar matahari berlebihan. Bila sinar matahari yang masuk ke kumbung terlalu panas, tanaman jamur pun pasti tidak dapat bertahan. Jikalau mampu bertahan, pasti pertumbuhannya juga tidak akan maksimal.
Perhatikan Kelembaban
Jika Anda melakukan budidaya jamur, faktor kelembaban adalah hal yang paling penting. Bila media tanam Anda tidak menggunakan stsobatr kelembapan yang diperlukan oleh tanaman, maka budidaya yang Anda praktikkan tidak dapat berjalan normal. Agar media bisa memenuhi stsobatr kelembapan yang diperlukan, Anda bisa menaruh beberapa tong air di dalam kumbung dengan tujuan agar kelembaban bisa ditingkatkan.
Pilih Tempat Teduh
Perlu dipahami bahwa budidaya jamur sebenarnya dilakukan di daerah dataran tinggi. Dalam hal ini, supaya jamur bisa tetap tumbuh secara normal dan maksimal, pilihlah tempat atau media yang tidak terlalu panas atau teduh. Anda bisa membangun kumbung di bawah pohon. Pastikan juga bahwa pintu kumbung tidak terletak di arah matahari terbit.
Tanam Pohon di Sekitar Kumbung
Faktor cahaya matahari berlebihan dapat menyebabkan tanaman jamur tidak bisa tumbuh normal atau bahkan mati. Oleh sebab itu, kita perlu menyiasatinya dengan menanam pohon-pohon perindang di sekitar kumbung sehingga kumbung dapat lebih terlindung dari paparan sinar matahari berlebihan agar tanaman jamur tidak mati.
Ketinggian Kumbung
Stsobatr ketinggian bangunan kumbung yaitu ketinggian 4 sampai 4,5 meter. Hal ini sangat penting untuk bisa mengontrol sirkulasi udara di dalam ruang kumbung.
Rak Penyimpanan Baglog Jamur
Untuk rak penyimpanan baglog jamur di dataran tinggi bisa mencapai 5 tingkat sedangkan untuk lokasi budidaya di daerah dataran rendah atau panas, biasanya tidak lebih dari 3 tingkat.
sumber gambar : http://goo.gl/Eczx8

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda!!!

Wikipedia

Hasil penelusuran

Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein