"Kesehatan adalah awal dari semua kebebasan, dan kebahagiaan memberi kita energi sebagai dasar kesehatan. (Henri Amiel, 1821-1881. Penulis dan filosof Swiss)"
A. Penilaian pertumbuhan anak Ukuran antropometrik Tergantung umur (age dependence)
  • Berat Badan terhadap umur 
  • Tinggi Badan/Panjang Badan terhadap umur 
  • Lingkar Kepala terhadap umur 
  • Lingkar Lengan Atas terhadap umur Tidak tergantung umur 
  • Berat Badan terhadap Tinggi Badan
  • Lingkar Lengan Atas terhadap Tinggi Badan 
  • Lingkar Lengan Atas terhadap standar/baku lipatan kulit pada trisep, abdominal dibandingkan dengan baku 
Gejala/tanda pada pemeriksaan fisik
  • Keseluruhan fisik 
  • Jaringan otot 
  • Jaringan lemak 
  • Rambut 
  • Gigi geligi 
Gejala/tanda pada pemeriksaan laboratorium 
  • Kadar Hemoglobin 
  • Serum protein 
  • Hormon 
Gejala/tanda pada pemeriksaan radiologis
  • Umur biologis yaitu umur tulang merupakan kecurigaan adanya gangguan pertumbuhan 
  • Empat parameter perkembangan menurut Frankenburg dkk: 
  • Personal social (kepribadian/tingkah laku sosial) 
  • Fine motor adaptive (motorik halus)
  • Language (bahasa)
  • Gross motor (motorik kasar)
  • Bina Keluarga dan Balita (BKB)
7 Aspek perkembangan 
  • Tingkah laku sosial 
  • Menolong diri sendiri 
  • Intelektual 
  • Gerakan motorik halus
  • Komunikasi pasif 
  • Komunikasi aktif 
  • Gerakan motorik kasar 
Milestone perkembangan anak
  • Milestone: tingkat perkembangan yang harus dicapai anak pada umur tertentu 
  • Milestone pokok yang perlu diketahui:
  • 4 – 6 minggu : tersenyum spontan, dapat mengeluarkan suara 1-2 minggu kemudian 
  • 12 – 16 minggu : menegakkan kepala, tengkurap sendiri, menoleh ke arah suara, memegang benda yangg ditaruh di tangannya 
  • 20 minggu : meraih benda yang didekatkan kepadanya 
  • 26 minggu : dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain; duduk dengan bantuan kedua tangannya ke depan; makan biskuit sendiri 
  • 9 – 10 bulan : menunjuk dengan jari telunjuk; memegang benda dg ibu jari dan telunjuk; merangkak; bersuara da…da…
  • 13 bulan : berjalan tanpa bantuan; mengucapkan kata-kata tunggal   
  • Pengetahuan akan milestone : tahu perkembangan anak terlambat atau dalam batas normal
B. Penilaian perkembangan anak
Tujuan:
Tenaga kesehatan
  • Mengetahui kelainan perkembangan anak dan hal-hal lain yg merupakan resiko terjadinya kelainan perkembangan tersebut 
  • Mengetahui berbagai masalah perkembangan yang memerlukan pengobatan atau konseling genetik 
  • Mengetahui kapan anak perlu dirujuk ke health center yang lebih tinggi  
Tahap-tahap penilaian perkembangan anak
Anamnesis
Screening gangguan perkembangan anak
1. Evaluasi lingkungan anak
2. Evaluasi penglihatan dan pendengaran anak
3. Evaluasi bicara dan bahasa anak
4. Pemeriksaan fisik
5. Pemeriksaan neurologi
6. Evaluasi penyakit-penyakit metabolik Integrasi dari hasil penemuan
 

Kesalahan-kesalahan dalam interpretasi perkembangan anak
1. Perkembangan motorik
Hanya terfokus pada motorik kasar
2. Intelegensi: penampilan superfisial
3. Perkembangan bahasa
Perkembangan bahasa belum dimulai sampai anak umur 1 tahun dan tidak perlu kuatir adanya kelainan bahasa sampai anak umur 2 tahun
4. Pendengaran
Tuli jarang terjadi pada anak  diagnosis tuli baru pd umur 2-2,5 tahun

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda!!!

Wikipedia

Hasil penelusuran

Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein